Monday, August 22, 2016

Bekerja Efektif dan Efisien

Bekerja Efektif adalah doing the right things. Sedangkan Bekerja Efisien adalah doing things right. Bagaimana memadukan kedua nya ?. Berikut ini adalah strategi yang dapat diterapkan dalam dunia kerja :
·         SET YOUR GOAL

Sebelum mulai bekerja, kamu harus tentukan tujuan kamu untuk bekerja. Tujuan ini akan menjadi landasan untuk terus menghasilkan karya setiap harinya. Buatlah target selama setahun. Lalu turunkanlah target-target tersebut menjadi target yang harus dicapai di tiap bulannya. Inilah langkah awal untuk bekerja.
·         BUAT BATAS WAKTU
Timeline akan menjadi acuan untuk bekerja. Buatlah lama pekerjaan dan kapan deadline dari pekerjaan tsb. Buatlah timeline berdasarkan kecepatan dalam bekerja. Jika bisa dipercepat untuk selesai, kenapa tidak?
·         MENDAHULUKAN HAL YANG LEBIH PENTING
Memilih mana yang penting dan mendesak untuk dikerjakan sangat penting dalam bekerja. Cobalah untuk dahulukan apa yang harus didahulukan. Dan dahulukanlah hal-hal yang bersifat urgent yang harus segera diberikan solusi dan penyelesaiannya.
·         INCREASE YOUR WORKSPEED
Ini adalah lanjutan setelah membuat goal dan timeline. Banyak orang yang diawal-awal justru bersantai-santai, namun pada saat mendekati deadline barulah sibuk dan keteteran. Untuk mengatasinya adalah meningkatkan kecepatan kerja. Jika pekerjaan yang seharusnya dikerjakan selama seminggu, tetapi bisa diselesaikan selama 2 hari bukankah bagus? Sehingga masih banyak waktu yang bisa dikerjakan untuk mengisi kegiatan-kegiatan yang lain. “TRUST ME, YOU WILL GET BENEFIT IF YOU CAN INCREASE YOUR WORKSPEED”.
·         BE WISE TO USE YOUR TIME
Janganlah suka membuang-buang waktu karena waktu tidak akan kembali, dia akan pergi. Jangan suka main Facebook, Twitter atau jejaring sosial lainnya saat sedang bekerja. Fokuslah, selama anda bekerja. Kalian akan bisa belajar lebih cepat dan juga bisa menggunakan waktu dengan lebih produktif.
·         KONSENTRASI
Konsentrasi sangat dibutuhkan untuk bekerja. Jangan hanya mengandalkan “Yang penting selesai dengan cepat”. Eh gak tau nya, hasilnya malah mendapatkan hasil yang buruk. Konsentrasilah saat bekerja dan evaluasi setiap pekerjaan secara cermat.
·         DELEGATE
Delegasikan atau membagi tugas-tugas ke tim jika bekerja dalam tim. Ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat selesai.
·         ANGGAPLAH SEMUA HAL SEBAGAI TANTANGAN
      Anggaplah semua pekerjaan dari yang kecil sampai yang besar adalah sebuah tantangan yang harus diselesaikan. Karena tantangan itulah sikap dan karakter kita akan terasah menjadi lebih tajam. Dan jangan pernah untuk katakan “Terpaksa untuk dikerjakan”.

No comments:

Post a Comment