Monday, August 22, 2016

Menjaga Kesehatan Setelah Melahirkan

Selama kehamilan, seorang wanita dihadapi oleh banyak perubahan fisik maupun mental. Wanita harus senantiasa menjaga kesehatannya untuk terus memiliki kehamilan yang sehat.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memastikan kesehatan yang baik setelah melahirkan.


·         Diet Sehat
Penting untuk melakukan diet sehat setelah masa kehamilan, terlebih setelah melahirkan dimana tubuh menjadi sangat lemah. Jadi dianjurkan untuk mengatur asupan makanan setelah anda melahirkan.
Untuk tetap sehat, wajib untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti bayam, brokoli, biji-bijian, buah-buahan segar, dan kacang-kacangan.
Konsultasikan dengan dokter jika ingin mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak setelah melahirkan.

·         Istirahat
Berhati-hatilah jika anda melakukan proses kelahiran dengan cara caesar. Ini merupakan salah satu tip terpenting untuk tetap sehat.
Seperti tubuh anda akan melemah. Diharapkan untuk beristirahat yang tepat.
 Jika melakukan persalinan dengan normal, hanya perlu istirahat selama 2 minggu. Namun, wanita yang melakukan persalinan dengan cara caesar harus istirahat setidaknya 1-2 bulan. Janganlah melakukan aktivitas sembarangan, karena dapat mengakibatkan jahitan akan terbuka menyebabkan rasa sakit pada jahitan tsb.

·         Menyusui
 Hal ini sangat penting bagi seorang ibu baru untuk menyusui bayi yang baru lahir. Ini adalah salah satu tips untuk tetap sehat setelah melahirkan. Banyak wanita menghindari menyusui karena akan merusak bentuk payudara.
Padahal susu pertama sangat bergizi dan penting bagi bayi. Jika tidak diberi susu pertama, maka bayi dapat menderita penyakit kuning. Untuk si Ibu dapat menderita nyeri payudara akut. Melewatkan menyusui dapat membangun benjolan didalam jaringan payudara dan secara bertahap menyebabkan kanker payudara.

·         Meditasi
Fase baru menjadi ibu memang agak sulit. Memiliki waktu malam tanpa tidur dan merawat bayi yang baru lahir menyebabkan stres. Setelah melahirkan, kemungkinan menderita tekanan darah sangat umum di kalangan wanita. Jadi, berlatihlah meditasi. Meditasi dapat menenangkan pikiran, mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

·         Mendengarkan Musik
      Mendengarkan musik bernada slow baik untuk menenangkan jiwa dan pikiran apalagi buat ibu yang telah melahirkan. Mendengarkan musik baik buat si Ibu sebagai langkah mencegah stress.

No comments:

Post a Comment