Monday, August 22, 2016

11 Tips Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja

Banyak pengusaha/ karyawan yang selalu berpikir mengenai pekerjaan dan karirnya. Seperti bagaimana pekerjaannya hari ini? Apakah itu mengasyikkan? Atau malah membosankan? Tidak sedikit pula orang yang berpikir sudah mengerahkan tenaga 100 persen pada pekerjaan mereka, padahal mereka bekerja belum maksimal. Lalu apa saja yang harus dilakukan? Dan bagaimana cara mengatasinya? Apa yang harus dilakukan?

Berikut ini 11 tips meningkatkan produktivitas kerja.


1.      Fokus Pada Satu Tujuan
Terkadang orang memiliki banyak ambisi dan keinginan, sehingga fokusnya terbagi-bagi. Salah satu tips untuk meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan memilih satu hal yang membuat anda fokus. Tentunya di bagian yang anda kuasai, sehingga anda dapat terus mengembangkannya.

2.      Mengabaikan Gangguan Tanpa Ada Rasa Kasihan
Maksudnya adalah anda harus berkonsentrasi dengan tujuan. Anda juga harus mengabaikan hal-hal yang mungkin akan mengganggu pekerjaan.

3.      Menentukan Batas Waktu Setiap Rapat
Hal ini dibuat agar anda lebih terorganisasi. Misalnya, rapat cukup dalam waktu 1 jam. Setengah jam untuk presentasi, dan setengah jam untuk berdiskusi. Dengan adanya pembatasan waktu, maka anda dapat menggerakkan orang lain untuk lebih efisien.

4.      Bangun Lebih Pagi
Menurut penelitian, pagi hari adalah penentu untuk sukses atau terpuruk pada hari itu. Untuk itu, setting-lah otak anda dengan “MIND OVER MATTRESS” untuk memotivasi diri agar bangun dari tempat tidur dan mengerjakan pekerjaan anda.

5.      Melakukan Outsourcing Pada Tugas Anda
Orang yang produktif adalah orang yang tahu cara menghabiskan energi, dan tidak menyia-nyiakan tugas yang diberikan. Lakukanlah analisis biaya atau manfaat tentang bagaimana menghabiskan waktu.

6.      Bergerak Cepat
Maksudnya adalah anda bergerak lebih cepat dari biasanya dengan ketelitian dan memaksimalkan tugas kerja. Bergerak cepat bukan berarti terburu-buru. Orang yang terburu-buru adalah orang yang bekerja pada waktu deadline dan pekerjaan yang dilakukan dengan terburu-buru akan menjurus pada kesalahan, penyesalan dan hasilnya tidak akan maksimal, tetapi orang yang bergerak cepat adalah orang yang bisa memanfaatkan waktu yang disediakan sehingga tugas yang dikerjakan lebih optimal.

7.      Tangkap Semua Ide Kreatif
Cara terbaik untuk memiliki ide bagus adalah dengan mempunyai banyak ide. Kebanyakan pemimpin memiliki banyak ide bagus, namun menangkap semua ide-ide ini adalah tantangan bagi orang-orang sibuk. Salah satu cara dengan menggunakan Evernote. Evernote adalah salah satu program yang berfungsi untuk mengumpulkan ide-ide.

8.      Memanfaatkan Teknologi
Ada banyak program yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu contoh yang paling populer adalah Dropbox. Dropbox digunakan untuk menyimpan file secara online. Dan juga ada aplikasi Basecamp yang digunakan untuk memanajemen project suatu perusahaan.
 
9.      Jangan Melewatkan Informasi Penting
Jangan melewatkan informasi penting karena anda terburu-buru dan tidak punya waktu untuk membaca. Ada banyak program yang dapat membantu dapat meraup informasi untuk dibaca nanti. Salah satunya Instapaper, yang digunakan untuk menyimpan halaman web lama untuk dibaca ketika anda punya waktu.

10.  Jangan Malu Belajar dari Orang Lain
Setiap orang memiliki kelebihan masing-masing. Jadi jangan takut atau malu untuk belajar dari orang lain. Anda bisa mencarinya di Google, ataupun baca majalah-majalah tentang bisnis.

11.  Santai tapi Bermain

Maksudnya jika memiliki waktu kosong gunakanlah waktu tersebut untuk bersantai tapi bermain, seperti main kartu dengan teman atau main sebuah game station. Karena dengan bermain, pikiran kita akan tergerak bagaimana cara memenangkan sebuah permainan itu.

No comments:

Post a Comment